BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Monday, November 29, 2010

bUaH hAtI PeNgArAnG JAnTuNg

~~~~~~~~~~~ MuHaMmAd hAnNAn iKmaL~~~~~~~~~~
 
 
~~~~~~~~~~ mUhAmMaD HaNnAn iLhaN~~~~~~~~~~~
 
At-tabari mengatakan bahwa Luqman adalah seorang hamba dari negeri Habsyah yang bekerja sebagai tukang kayu. Namun namanya terpatri abadi didalam Al-Qur’an. Al-Qur’an menyebutnya sebagai laki-laki shaleh yang memberikan  nasihat luhur kepada anaknya. Dalam beberapa nasihat tersebut, Luqman dilukiskan sebagai orang yang bijak, santun, dan penderma. Al-Qur’an mengatakan bahwa Luqman diberi hikmah (kebijaksanaan) (QS Luqman [31]: 12).
wasiat atau nasihat Luqman,dalam  al-Qur’an:
Pertama : Nasihat untuk selalu menjauhi perbuatan syirik,  ”Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah), sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar’” (QS: Luqman [31]:13).

Kedua : Selalu berbuat baik kepada kedua orang tua (QS Luqman [31]: 14), terutama kepada ibu. Islam memberikan penghormatan dan kedudukan yang amat tinggi kepada para ibu, sehingga bahwa “surga berada dibawah telapak kaki ibu”.

Ketiga : Tidak mengikuti  perintah orang tua dalam kemaksiatan. yang demikian, perintah orang tua untuk membangkang terhadap perintah Allah SWT, tidak menggugurkan kewajiban anak untuk sentiasa berbuat baik kepada mereka (QS Luqman [31]: 15)

Keempat : Selalu bersyukur karena meyakini bahwa semua nikmat berasal dari Allah Swt, tapi juga harus disertakan dengan perbuatan. Misalnya, menyisihkan sebagian dari harta kita kepada kaum fakir miskin. Dalam al-Qur’an Allah SWT menyatakan bahwa jika kita bersyukur atas karunia-Nya, maka nikmat yang kita terima akan bertambah (QS Ibrahim [14]: 7).

Kelima : Selalu berbuat baik walau sekecil apapun (QS Luqman [31]: 16).

Keenam : Tidak lalai dalam mengerjakan shalat, sentiasa menyuruh kepada kebaikan dan melarang kemunkaran, serta selalu bersabar dalam setiap masa (QS Luqman [31]: 17).

Ketujuh : Membuang sikap sombong yang ada dalam diri (QS Luqman [31]: 18)

Kedelapan : Selalu rendah hati dan tidak mengucapkan kata-kata kasar (QS Luqman [31]: 19).

Itulah nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya yang diabadikan dalam al-Qur’an. Semoga anak-anak mama akan menjadi anak yg soleh di dunia dn akhirat sekurang-kurangnya apabila mama dan ayah pergi kami ada meninggalkan zuriat yg cemerlang duniawi dn ukhrawi…aminnnnnnnnn
 

0 comments: